Apakah Modal Anda Cukup Untuk Memulai Usaha?

Pernahkah Anda keluar sebentar dari padatnya rutinitas Anda untuk sekedar menghirup udara segar? Biasanya, ada saja sebuah inspirasi bagus untuk Anda jadikan sesuatu, termasuk ide membangun bisnis. “Dulu saya hidup susah, sejak usia 10 tahun saya sudah berjualan kue.

Modal yang dikeluarkan untuk membuka usaha ini juga relatif terjangkau. Kebutuhan peralatan yang harus dimiliki untuk mendukung operasional bisnis ini juga cukup sederhana. Anda perlu memiliki pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban motor. Berikan hadiah atau penawaran khusus atas kesetiaan pelanggan menggunakan jasa bisnis journey agent Anda. Di zaman serba online sekarang, orang-orang selalu mencari info terlebih dahulu melalui internet sebelum memutuskan pergi ke tempat fisik.

Selain lokasi offline, Anda juga perlu memperhatikan lokasi online dari bisnis journey agent Anda. Entah itu di media sosial, website, atau forum komunitas traveler. Anda harus bisa memasarkan bisnis travel di tempat yang tepat di luasnya dunia internet.

Walaupun masih menjalankan bisnis bersama sahabat saya, saya pun masih harus beraktivitas kerja di kantor. Banyak juga pekerjaan bisnis yang kadang harus konsen dan menyita waktu yang akhirnya harus mengorbankan aktivitas istirahat atau refreshing untuk bisa memfokusi bisnis. Alhamdulillah, saya merasa senang bisa bekerja sama dengan mereka semua. Saya pun menjadi tersadar bahwa usaha mereka kadang sering tak terlihat di depan orang banyak, wajahnya bahkan tidak eksis di media-media sosial.

Pengalaman berbisnis

Akan tetapi, tidak semua orang mempunyai keberanian untuk benar-benar menjalankannya. Original Posted By karabinar►gan ane juga pernah gan modal udah ampe 15 jetian in come four bulan belum sampe 1 juta akirnya bakrut deh. tapi ane kagak nyerha gan masih punya cita cita jadi pengusaha ikan. Alhamdulillah hari pertama, kedua aman-aman saja, meskipun tidak ramai tapi lumayan lah.

Alhasil, tanpa diduga, dia banyak menerima order, yang saat dicek, ternyata konsumen tahu dari web site perusahaan yang dia buat. Konsumen bilang bahwa di bidang jasa tersebut jarang perusahaan yang punya website. Promosi di digital, lewat discussion board atau facebook remark, dianggap konsumen lebih ‘jujur’ dibandingkan promosi iklan karena pengguna bisa terbuka mengungkapkan komplain dan pengalaman mereka. Dalam membangun usaha, agar berkelanjutan, perlu mempertimbangkan sumber permodalan, apakah akan meengandalkan modal sendiri atau mencari investor.

Lalu Anda pasang iklan dan promo di mana-mana, apa yang terjadi? Saat pelanggan akhirnya datang dan melihat toko Anda berantakan, apakah mereka jadi masuk dan membeli? Hal yang sama berlaku di media sosial, beriklanlah apabila toko Anda sudah rapi, manis, bagus, indah dilihat orang, dan secara manajemen sudah siap untuk melayani transaksi. Sejauh pengamatan saya, masih banyak pelaku UKM yang hanya menggunakan Facebook pribadi.

Konsistensi itu sangat penting dalam bisnis agar memberikan persepsi positif dan mudah diingat konsumen. Jaga konsistensi brand Anda dari ide, warna, desain emblem, hingga gaya bahasa. Untuk menentukan target yang masuk akal, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Jangan asal buat target tanpa melakukan riset secara mendalam.