Baru Punya Anak? Begini Cara Pintar Atur Uang Agar Tidak Boros

Dana darurat juga bisa dialokasikan dalam bentuk emas, deposito, dan reksadana. Maka dari itu para remaja harus bisa mengatur keuangannya sendiri. Orang tua pun harus membantu anak mereka dalam mengatur keuangannya agar remaja bisa hidup lebih hemat dan mandiri. Pengeluaran untuk beli masker, vitamin, dan cemilan, makanan ringan dan buah juga meningkat.

Kalau mau beli sesuatu, sudah tahu toko mana yang dituju, langsung beli. Tips yang terakhir, lanjut dia, mempersiapkan uang atau dana darurat caranya dengan menabung untuk memenuhi kebutuhan saat tak terduga, seperti krisis akibat pandemi. “Jika tidak punya dana darurat, tidak punya tabungan, tiba-tiba jatuh miskin, tidak punya uang, kita sulit bergerak, tiba-tiba penghasilan terganggu, tapi tetap harus makan. Jika kita sudah tau akan keuntungannnya, maka kita akan lebih semangat dan dengan senang hati untuk memulai mencoba mengatur keuangan sejak dini.

mengontrol keuangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama pandemi corona ini. Jakarta, CNBC Indonesia – Berinvestasi adalah salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan. Namun, tidak semua orang bisa melakukan investasi terutama saat kondisi keuangan boncos. Jika jarak antara gaji bulananmu dengan cairnya tunjangan hari raya berdekatan, namun tidak sepatutnya untuk mencampurkan keduanya.

TIdak boros di masa pandemi

Dia juga juga mendoakan semua masyarakat diberikan kesehatan di tengah pandemi covid-19. Sebelum berbelanja ada baiknya kamu meluangkan waktu membaca katalog dan melakukan cek ulang ke daftar belanjaanmu. Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu catat barang yang sudah habis di buku catatan belanja atau di selembar kertas dan tempelkan di kulkas.

Perhatikan kembali apa yang menjadi konsumsi paling banyak dari pendapatan. Mengapa tekanan angin ban berhubungan dengan penggunaan bahan bakar kendaraan? Karena jika tekanan ban kendaraan kurang, maka tenaga yang dibutuhkan untuk bergerak akan lebih besar. Keberhasilan melakukan penghematan bisnis selama pandemi juga tak lepas dari proses audit yang dilakukan secara teratur. Amati pengeluaran dan pemasukan bisnis dengan seksama agar kamu bisa menemukan biang keladi penyebab pemborosan dalam bisnis. Setelah proses audit selesai, kamu dapat menentukan keputusan baru sesuai kondisi bisnismu.