Belajar Dan Memimpin Dengan Kebiasaan Pikiran

Seorang agamawan yang pemimpin, adalah contoh hidup dari seorang pengamal ajaran agama yang konsisten. Maka modeling adalah syarat utama seorang pemimpin, sebelum syarat-syarat lain. Bukan pemimpin jika ia tidak punya ciri menonjol yang bisa dicontoh. Sebab orang yang hanya pandai bicara, tanpa menjadi role model dari apa yang diucapkannya, akan segera ditinggalkan tanpa basa basi oleh para pengikutnya.

Sejak diserukannya kebijakan kerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah oleh Presiden Joko Widodo, sudah banyak perusahaan yang memberlakukan work from home. Praktis sejumlah kegiatan kerja di perkantoran dan beberapa tempat usaha di luar sektor yang masih dikecualikan diberhentikan sementara aktivitasnya. Proses belajar mengajar di IPDN tetap dilaksanakan secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Bukan karena Andalah atasannya berarti semua keputusan ada di tangan Anda. Tetaplah hargai mereka yang merupakan teman seperjuangan Anda dengan mengajaknya berdiskusi. Jika Anda mempunyai ide baru yang membangun, tak ada salahnya untuk mendiskusikannya dengan rekan kerja Anda yang Anda percaya. Selain mereka tidak akan merasakan perubahan Anda yang signifikan, mereka juga akan merasa dihargai karena dilibatkan dalam kemajuan bersama ini. Untuk Anda yang baru saja mendapatkan kenaikan jabatan, pastinya menjadi pemimpin mantan rekan kerja Anda menjadi tantangan baru untuk Anda. Pasalnya, yang tadinya bercanda bareng, malas bekerja bareng dan bahkan makan siang bareng, sekarang Anda harus menugaskan mereka satu per satu dan mengajarkan mereka untuk lebih disiplin dengan tanggung jawabnya.

Tidak ada manusia yang tidak perlu istirahat dan memiliki waktu yang berkualitas bersama dengan orang yang mereka sayangi. Karena harus bekerja selama 6 hari dalam seminggu, biasanya seorang karyawan akan memiliki waktu yang sangat terbatas untuk dirinya ataupun keluarganya. Lebih baik untuk memimpin dari belakang dan menempatkan orang lain di depan, terutama ketika Anda merayakan kemenangan ketika hal-hal baik terjadi. Jadi, untuk menjadi seorang pemimpin, kita harus mengenal diri sendiri dulu kemudian berkomitmen seumur hidup untuk terus belajar dan mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari-hari di mana pun kita berada. Komitmen untuk belajar menjadi pemimpin dan mengembangkan diri sepenuhnya sampai larut di dalamnya. Semakin kita sering mempraktikkannya, semakin mahirlah diri kita.

Belajar untuk memimpin

Waliota Solo Gibran Raka Buming RakaZona merahnews.com,.Solo — Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka tepat memimpin Solo selama a hundred hari. Gibran mengakui tidak mudah memimpin Solo terutama saat situasi Solo masih dihantam pandemi Covid-19. “Bagi pelatih, lebih baik memiliki tekanan untuk menang daripada tidak ada sama sekali,” tambah mantan asisten pelatih Juventus era Antonio Conte tersebut. Prinsip human relations ini telah membuat nama Dale Carnegie tersohor selama lebih dari 50 tahun. Di seluruh isi buku ini, Anda akan membaca prinsip-prinsip kepemimpinannya yang terkenal dan takkan pernah berubah.

Posisi ini adalah awal proses untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi dalam dunia kepemimpinan. Di posisi manajer ini lah kamu bisa mengembangkan bakat dan belajar untuk menjadi pimpinan dari tim kerja kamu. Tidak hanya untuk generasi milenial, seorang pemimpin harus bisa memberikan umpan balik yang tepat bagi seluruh anggota tim. Tiap orang akan melakukan pekerjaannya dengan maksimal jika mereka benar-benar memahaminya.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SMKN 1 Pacet, Cianjur. Pengumpulan information dilakukan dengan cara observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Merdeka Belajar pada situasi Covid-19 di SMK Negeri 1 Pacet dilakukan dengan cukup baik. Untuk kegiatan belajar mengajar, di zona merah dilakukan secara daring, dan zona lainnya sesuai pengaturan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi , dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat. Serta memberikan prioritas kesehatan dan keselamatan yang dapat mengurangi mobilitas calon peserta didik untuk aktivitas tahapan PPDB diluar rumah.

Managing People adalah bagaimana kita sebagai pemimpin mampu memotivasi, menggerakkan atau mengarahkan orang lain. Ketika seseorang diangkat menjadi seorang leader, sudah tentu akan terjadi ‘kecanggungan peran’. Seseorang tersebut dituntut menjadi pemimpin bagi sekelompok orang sekaligus memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari peran sebelumnya.

Empowering, adalah keterampilan seorang pemimpin untuk menjaga energi, sebab perjalanan mencapai tujuan bisa jadi panjang dan berliku. Tujuan itu jelas, namun jalannya seringkali berkelok, naik dan turun. Tanpa pengelolaan energi, bisa jadi ia berhenti di tengah jalan, sebelum sempat menikmati indahnya tujuan.