Digemari Pasar Ekspor, Bagaimana Memulai Bisnis Porang?

Untuk menghindari sanksi denda telat bayar pajak ataupun terlambat lapor SPT pajak, Klikpajak menyediakan kalender saku diKalender Klikpajak. Klikpajak.id sudah bersertifikat ISO dari Badan Standar Internasional ISO yang menjamin standar keamanan sistem teknologi informasi. Tenang, Sobat Klikpajak dapat menyimpan berbagai riwayat pembayaran atau bukti pelaporan pajak maupun aktivitas pajak lainnya dengan nyaman, karena keamanan dan kerahasiaan information terjamin. Fitur ‘Multi Users’ Klikpajak adalah fitur yang memungkinkan Sobat Klikpajak untuk dapat mengatur siapa saja cdan berapa banyak pengguna yang dapat mengakses akun aplikasi Klikpajak.id di bawah nama perusahaan yang sama. Setelah pembayaran pajak selesai, Sobat Klikpajak akan langsung menerima Bukti Penerimaan Negara resmi dari Direktorat Jenderal Pajak . Semua riwayat ID Billing dan SSP akan tersimpan dengan aman sesuai jenis dan Masa Pajak yang diinginkan.

Bisnis Ekspor

UKM pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ekspor, kira-kira apa yang pertama kali muncul dipikiran kita ketika mendengar kata ekspor? Ekspor sering diasosiasikan sebagai suatu aktivitas pemasaran dalam bisnis dengan tahapan yang sulit. “Waktu itu kami ekspor biji pinang 1 kontainer, langsung pakai nama usaha sendiri tapi saya tidak perlu repot mengurusi dokumen-dokumen karena semua sudah melalui jasa forwarder. Bahkan hingga saat ini saya tidak belum pernah ke kantor bea cukai, kantor pertanian, maupun kantor perdagangan untuk mengurus dokumen sendiri,” tuturnya.

Jika diantara Anda ada produsen yang belum memiliki orientasi ekspor namun memiliki produk yang berpotensi ekspor, dan ada non-produsen namun memiliki jejaring, hal inilah yang dapat dijadikan peluang. Banyak pula yang mengira bisnis skala UMKM identik dengan usaha kecil dan masih belum pantas untuk ekspor. Padahal UMKM yang sering dipandang kecil ini memiliki peran yang besar bagi perekonomian Indonesia. Namun untuk melakukan ekspor memang UMKM perlu memiliki legalitas dan badan usaha. Selain menggunakan jasa undername dari perusahaan forwarder, eksportir pemula juga bisa meminjam “bendera usaha” dari perusahaan eksportir yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam dunia ekspor – impor.

Banyaknya dokumen ekspor yang diperlukan tergantung pada produk atau komoditas yang akan diekspor, prosedur di negara tujuan, dan permintaan dari pembeli yang pastinya berkaitan dengan perusahaannya. Bila belum memiliki NIK, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat menggunakan jasa undername yaitu meminjam bendera perusahaan lain yang telah memiliki NIK. Baik eksportir yang sudah memiliki NIK sendiri atau menggunakan undername, tidak akan berurusan dengan bea cukai secara langsung. Hal ini karena urusan bea cukai menjadi tugas forwarder, yaitu jasa yang akan eksportir pakai ketika mengirim barang melalui laut maupun udara. Bisnis.com, JAKARTA – Menembus pasar ekspor bagi pelaku usaha kecil dan menengah, sebetulnya tidak sesulit yang dibayangkan.

Namun jika melakukan usaha ekspor pangan seperti coklat dan kopi ke negara Italia sekarang mesti berhati-hati. Karena negara Italia menerapkan standar sangat tinggi untuk produk pangan yang diterima. Misalnya kasus ekspor udang yang berasal dari tanah air yang dikembalikan lagi beralasan masalah kesehatan. Adapun usaha ekspor coklat dan kopi belum pernah ada penolakan di negara manapun. Sehingga ini merupakan peluang bisnis ekspor terbaik menguntungkan. Hal lain yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis ekspor adalah memaksimalkan media sosial marketing sebagai pemasaran online berkelanjutan produk Anda.

Nah, itu tadi merupakan beberapa pembahasan terkait cara menjadi eksportir rempah maupun produk lainnya. Dengan menggunakan software akuntansi online, laporan keuangan dapat dibuat dengan cepat dan mudah, sehingga pemilik usaha dapat lebih fokus mengembangkan usaha perdagangan internasionalnya. Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah menyelenggarakan pameran internasional terkait produk perdagangan internasional.

Pada dasarnya ada dua model pemasaran ekspor, yaitu ekspor langsung dan ekspor tidak langsung. Nah, untuk Anda yang tertarik menjadi eksportir, berikut cara menjadi eksportir pemula yang bisa Anda pilih. Yang menarik, perusahaan buying and selling semacam ini bukan hanya milik pengusaha Indonesia, namun tak sedikit yang merupakan milik pengusaha asing. Banyak perusahaan importir dari berbagai negara yang membangun buying and selling firm di sekitar kawasan sentra kerajinan. Layanan MauBelajarApa – Layanan MauBelajarApa.com hanyalah pasar untuk Pendidik dan Siswa.

Melalui e-Billing Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat membuat Kode Billing untuk semua jenis Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran dengan mudah dan free of charge. Ingat, sebelum bayar atau setor pajak ke kas negara, Sobat Klikpajak harus membuat yang namanya Kode Billing dari DJP terlebih dahulu sebagai syarat bayar pajak. Melalui Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat mengurus berbagai kewajiban perpajakan dengan mudah dan cepat karena dapat dilakukan dalam satu platfrom, sebab Klikpajak memiliki fitur lengkap. Melalui e-Filing Klikpajak, Sobat Klikpajak dapat melaporkan berbagai jenis SPT Tahunan/Masa PPh dengan langkah-langkah yang mudah.

“Tren dari porang ini khususnya untuk diekspor itu selalu mengalami kecenderungan naik.Semoga tren positif ini bisa terus berlanjut dan ditingkatkan, sehingga kontribusinya untuk pembangunan pertanian akan semakin besar,” ujarnya. Ananti Yekti, Wakil Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, mengatakan kenaikan ekspor porang ke luar negeri mencapai hampir dua kali lipat. Ragam keuntungan itu, kata Adit, selanjutkan akan digunakan untuk kepentingan partai dalam beraktivitas politik.