Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Dengan Partner!

Ihtikar atau menimbun barang untuk mendapatkan harga yang tinggi dikemudian hari. Ihtikar tidak diperbolehkan karena akan mengakibatkan kerugian bagi banyak orang. Penimbunan, membekukan, menahan, dan menjatuhkannya dari peredaran akan menyebabkan susahnya pengendalian pasar.

Semakin berkembangnya bisnismu, maka sudah menjadi sebuah keharusan untuk melakukan ekspansi bisnis– membuka cabang baru di kota lain atau bahkan di negara lain. Kalau belum mau bukan cabang, kamu bisa melakukan renovasi tempat usaha atau menambah alat produksi guna meningkatkan efektifitas, efisiensi dan produktifitas usahamu. Pertama, perlu menentukan nama atau alamat web site, istilahnya menetapkan area. Setelah diputuskan, domain tersebut harus didaftarkan supaya menjadi milik Anda dan tidak diambil orang lain.

Di saat Anda mencapai stage itu, ada rasa kagum dan bangga terhadap diri sendiri atas pencapaian yang Anda lakukan. Memulai usaha sendiri bukan soal siapa yang paling pintar atau paling kaya. Memulai usaha sendiri berarti Anda memiliki nyali yang cukup berani untuk menjalani tantangan hidup yang lebih menggigit dan juga memaksimalkan potensi Anda. Dari sekarang, sudah saatnya pelaku UMKM, khususnya bisnis rumahan membuat dua hal ini menjadi prioritas. Selain itu, tentukan target kapan saja hal ini bisa tercapai.

Menumpahkan segala kesulitan yang dihadapi tidak akan membantu Anda menemukan solusi bisnis. Selain itu, tidak etis rasanya jika terlalu banyak mengutarakan hal-hal yang tidak berkaitan dengan bisnis. Terlebih lagi, wibawa merupakan salah satu aspek yang harus dijaga seorang pebisnis jika ia ingin reputasinya baik di depan investor, rekanan bisnis, karyawan, serta konsumen. Semakin banyak koneksi profesional yang dimiliki, semakin kredibilitas Anda akan diakui. Ketika Anda semakin memahami pasar, semakin mudah Anda mendapatkan konsumen.

Selain itu, bisa timbul kesulitan mencari siapa yang bertanggung jawab bila muncul masalah saat bisnis berjalan. Perjalanan bisnis dua sahabat ini tidak mulus lantaran Jody dan Ben punya pandangan yang berbeda soal cara mengelola kedai kopi. Mendirikan bisnis bersama sahabat harus menjunjung sikap profesionalitas. Hilangkan sifat egois Anda dan sahabat, serta satukan perbedaan demi tujuan bersama. Selain itu, pebisnis baru kerap melakukan kesalahan deadly dalam berbisnis, yakni menggabungkan uang pribadi dan uang bisnis. Tidak sedikit dari bisnis yang hancur di tengah jalan terkait dengan pembagian keuntungan.

Menjalankan bisnis dengan teman

Laporan keuangan yang baik, memberikan arus kas secara transparan dan terdeskripsi tentunya mudah dipahami. Sehingga beberapa pemangku kepentingan baik itu operasional atau pengawas komisaris tidak konflik karena information keuangan kurang akurat. Menjalani usaha dengan teman sendiri tidak akan terlepas dari selisih pendapat.

Ketika Anda patungan bareng sahabat, otomatis sahabat Anda akan menjadi partner bisnis Anda. Saat baru saja memulai bisnis cafe dengan pinjaman online tanpa agunan pertama sendiri, pastinya ALovers akan mengalami kesulitan apabila semuanya hanya dilakukan sendirian tanpa bantuan orang lain. Untuk itu, ALovers bisa mengajak partner terbaik untuk bekerja sama dalam proses berjalannya bisnis ALovers. ALovers bisa mengajak karyawan ALovers sendiri, atau bisa juga teman bahkan suami/istri ALovers. Kehadiran companion ini juga memudahkan ALovers untuk mendapatkan masukan dan juga nasehat dalam menjalankan bisnis cafe dengan pinjaman on-line tanpa agunan kopi ALovers.

Tetap mengedepankan profesionalisme dan jaga tali persahabatan untuk bersama-sama membangun bisnis yang sukses dan diimpikan. Ada ungkapan yang mengatakan work onerous play hard no drama. Karena memang benar, dalam menjalankan bisnis kamu dan teman bisnismu tidak bisa menyikapinya seperti sedang bermain. Biasanya seorang yang akan memulai usaha akan mengajak orang-orang terdekat mereka untuk menjadi partner bisnisnya, baik itu teman ataupun keluarga.