Usaha Modal Kecil Untung Besar Ala Bob Sadino, Ini 9 Tipsnya

Tak berarti di tengah jalan nanti prioritas kalian tak mungkin berubah, ya. Tapi yang penting kalian sudah saling tahu seberapa besar usaha dan pengorbanan yang akan kalian berikan untuk usaha tersebut. Jangan merasa tidak enak kalau ingin membahas hal-hal yang sifatnya sensitif.

Misalnya, meja, kursi, cangkir, aksesori pemanis ruangan dan lainnya. Utamakan kreativitas agar peralatan yang digunakan tetap sederhana namun bisa menarik perhatian banyak orang. Untuk inside, kamu tidak harus selalu membutuhkan yang baru. Agar bisa meminimalisir pengeluaran, kamu bisa menggunakan barang-barang bekas yang kamu recycle sendiri.

Meski begitu, ada saja tantangan dalam menjalankan bisnis barengan ini. Karena kedekatan, kamu jadi lebih permisif ketimbang dengan orang baru. Kamu juga jadi lebih mengentengkan hal-hal yang seharusnya sudah ditentukan saat memulai bisnis.

Gampangnya, kamu bantu mempromosikan barang jualannya, temenmu bisa kasih kamu barang tersebut dengan cuma-cuma. Sob, itulah 5 strategi bangun bisnis bareng sahabat agar tidak ribut. Agar strategi tersebut bisa diterapkan dengan baik, hilangkan sifat egois satu sama lain, serta satukan perbedaan demi tujuan bersama. Ketika ingin membuka bisnis, tentu Anda memiliki banyak ide cemerlang yang bermunculan di kepala. Namun, saat ide tersebut dilontarkan kepada teman bisnis, belum tentu teman Anda menyetujuinya.

Misalnya, bisnis bisa gagal karena satu mitra tidak bertanggung jawab dengan keuangan pribadi dan tidak mampu terus menjalankan bisnis tersebut. Anda mungkin perlu melakukan percakapan yang tidak nyaman tetapi percakapan itu pada akhirnya akan menyelamatkan dari kerugian di masa depan. Ambisi dan motivasi didorong oleh nilai yang akan mempengaruhi keputusan seseorang.

Menjalankan bisnis dengan teman

Misalnya mengenai berapa biaya membeli barang, bahan, maupun menyewa tempat usaha bila diperlukan. Untuk mendapatkan modal tersebut, Anda dapat meminjamnya di financial institution atau bisa juga dengan cara patungan bersama teman dekat atau anggota keluarga yang lain. Tidak hanya berpikiran positif saja, dalam memulai usaha hal penting yang harus ada ialah menentukan visi dan misi. Sekecil apapun bisnis yang dijalankan haruslah memiliki dua unsur ini. Akan tetapi, perlu diingat apabila membuat visi dan misi ini haruslah jelas dan realistis. Meskipun minim modal, tetapi penghasilan yang didapatkan dari bisnis on-line bisa sampai puluhan hinggga ratusan juta rupiah.