Mampir Di Manado? Jangan Lupa Jajan Lontong Sayur Atau Nasi Uduk

Makanan khas Manado tidak bisa dilepaskan dari makanan Khas Minahasa yang kaya akan bumbu dan rempah serta dominan dengan rasa pedas. Jadi bagaimana makanan dan minuman khas dari Manado tersebut memiliki cita rasa yang nikmat bukan? Selain harganya yang ramah di kantong, keunikan dari kuliner tersebut membuat para wisatawan penasaran ingin melakukan wisata kuliner Manado. Tuturaga through resepkoki.coAda juga makanan tuturuga yang merupakan makanan dari bahan dasar kura – kura, makanan ini sendiri disajikan dengan beberapa tambahan lain seperti daging sapi, kambing ataupun ayam. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau yaitu mulai dari 25ribuan. Namun karena pemerintah sudah melarang penangkapan kura – kura secara unlawful, maka makanan ini menjadi sangat langka.

Makanan terbaik di daerah Manado

Pasangan suami istri, Tasya dan Markus Subroto, pemilik Tasya’s Kitchen, mendirikan restoran ini sejak tahun 2019. Mereka adalah diaspora Indonesia yang merantau ke Amerika sejak lima belas tahun lalu. Seluruh menu dimasak sendiri oleh Markus Subroto, diaspora Indonesia asal kota Semarang.

Woku blanga sejatinya dimasak di dalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Woku merupakan campuran bumbu daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi dan ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya sehingga beraroma wangi dan bercitrarasa pedas dan terasa segar. Beberapa jenis ikan yang biasa diolah menjadi masakan woku blanga adalah ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, termasuk kepiting dan udang. Semangkuk Sup Brenebon Ayam khas Manado pastinya cocok sekali untuk memuaskan rasa lapar. Apalagi kalau Sop Brenebonnya asli buatan restoran Manado di Jakarta. Sop Brenebon dari Bunga Pepaya di Menteng ini memiliki porsi yang cukup besar, bisa dishare untuk 2-3 orang.

Menyediakan aneka menu olahan hasil laut paling lezat yang ada di Manado, wajar saja jika tempat makan ini ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya pun berdekatan dengan wisata bahari, sehingga memberikan daya tarik tersendiri untuk mengunjunginya. Dari banyaknya menu yang ditawarkan, ada beberapa menu yang wajib dicoba. Terkenal dengan pesona alamnya yang begitu mempesona, membuat Manado seringkali dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru di dunia. Bukan hanya wisata alamnya semata, sebab wisata kulinernya tidak kalah menarik untuk dikupas.

Tempat ini merupakan sentra pembuatan dodol Manado yang khas. Diproses dari bahan pilihan berupa beras ketan, gula aren, kayu manis, minyak kelapa murni, kacang dan lain-lain. Menghasilkan tekstur dan cita rasa istimewa, kenyal, lengket, manis dan legit.

Ikan Roa yang dicampur dengan cabe sebelumnya ditumbuk menjadi sangat halus, lalu dimasak dengan sedikit minyak. Ikan yang digunakan dalam makanan khas Manado ini berupa ikan Roa, seekor ikan terbang berbentuk pipih yang memiliki warna perak keabu-abuan. Beberapa macam dabu-dabu seperti dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong dan dabu-dabu lilang mudah dijumpai di rumah makan yang menyajikan ikan bakar. Sambal Dabu Dabu bisa dibilang saus saus salsa Asia, sering kali dimakan dengan ikan panggang atau goreng dan makanan laut. Tomat yang dipotong dadu ditambahkan dengan air jeruk nipis, garam, merica, bawang merah cincang dan cabai merah, dan sejumlah irisan daun basil Thailand.

Sambal roa banyak dipadankan ke beberapa jenis makanan lainnya. Sambal pilihan ini merupakan sambal khas yang terbuat dari campuran ikan terbang asap dan cabai. Selain itu terdapat juga radio komunitas yang dikelola oleh bermacam masyarakat di daerah pinggiran Manado.

Nationalgeographic.co.id – Indonesia memiliki sejuta destinasi wisata yang menarik. Dari wisata budaya hingga wisata kuliner dimiliki oleh Indonesia. Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Bertahun-tahun yang lalu, jalur pantai adalah pantai yang digunakan oleh nelayan setempat untuk menyimpan perahu nelayan cadik kecil mereka, oleh karena itu makanan laut segar populer sebagai hidangan utama. Yang paling populer adalah Cakalang , Tude , Ikan Kuah Asam , Cumi woku . Sedangkan yang lainnya kebanyakan dipanggang dengan arang dan disajikan dengan sambal dabu-dabu .